Monday, March 28, 2016

Review Battlax T30 part II - End of Use

Battlax T30..... sepasang ban ini sudah menemani saya sejauh 10 rb km baik itu touring maupun commuting sudah cukup puas pakainya setelah sekitar 1 tahun pakai. Review awal saya memakai T30 bisa dibaca disini





tentunya setelah 10rb km berjalan ada beberapa perubahan yang terjadi pada ban kita coba ulas satu persatu:

Ban Depan

  • Perubahan paling terlihat adalah profil ban depan saya jadi tidak rata dimana bagian tengah menjulang lebih tinggi padahal bagian ini lebih tipis, seakan-akan ban habis bagian pinggirnya. Beberapa analis saya dan teman mencurigai tekanan ban yang terlalu tinggi padahal saya hanya ikut pabrikan di 32 psi. Ok coba di ban baru kita ubah ke 30 maksimum


  • Pengendalian jadi berantakan ketika cornering di jalan rusak atau bumpy, hehehe ya iyalah dasar sayanya aja yang badung. Sudah pakai fork brace or fork stabilizer tetap gak ngaruh
  • Sisa thread sekitar 2 mm lagi menuju TWI alias thread wear indicator
  • Performa pengereman baik di track basah maupun kering masih jempolan, buat stopie masih tidak masalah
  • Pengendalian selama jalan aspal mulus baik ketika kering maupun basah masih OK banget
  • Kompon ban sudah agak mengeras mungkin pengaruh parkiran kantor yang suhunya lebih panas dibandingkan di luar basement
  • Ban depan masih bisa dipakai seribu or dua ribu km lagi sampai benar-benar botak cuma saya ganti karena mau sekalian cat velg



Ban Belakang

  • Ban belakang ini lebih sering tersiksa menurut saya karena sering disuruh nahan beban motor ketika miring, akselerasi maksimal dan juga block rem. Kegiatan block rem belakang ketika melakukan safety riding juga menyiksa ban belakang apalagi saya test block rem belakang dari 90 kpj sedih deh liat hasilnya di ban belakang. Jadi ban belakang saya ini botaknya gak rata ada 1 spot yang sudah kena TWI karena latihan safety riding waktu itu

  • Pengendalian masih jempolan di track kering dan basah masih bisa miring habis sampai chicken strip kanan dan kiri habis. Ada catatan dimana ban ini kurang bisa handle aquaplanning ketika menikung di jalan basah kalau ada air menggenang atau mengalir
  • sisa thread ada sekitar 3 mm lagi dari TWI
  • Pengereman di track basah maupun kering masih OK tidak ada masalah standar ban belakang lebih gampang sliding saja kalau block rem belakang
  • Kompon ban sudah agak mengeras mungkin pengaruh parkiran kantor yang suhunya lebih panas dibandingkan di luar basement
  • Ban belakang ini masih bisa dipakai sekitar seribu or dua ribu km lagi cuma saya ganti juga karena mau cat velg 

Kira-kira demikian end of use dari T30 ini sekarang saya mau coba Michelin Pilot Road 4 tunggu review selanjutnya genks.


No comments:

Post a Comment